Tuesday, December 22, 2020

Hati-hati, 6 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Laptop Cepat Rusak Lho!

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, laptop lenovo juga tidak sembarangan dalam memperlakukannya. Usia laptop dari pertama dipakai biasanya sekitar 3-5 tahun hingga akhirnya perangkat keras tersebut tidak dapat berfungsi secara optimal.


Namun jika tanpa kejadian khusus, seperti jatuh, namun komputer lipat tersebut tidak sampai 2 tahun maka ada yang salah dengan cara penggunaannya sehari-hari. Memang kadang secara tidak sadar apa yang Anda lakukan bisa merusak laptop.


Kebiasaan yang membuat laptop rusak


Nah, berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat laptop lebih cepat rusak:


1.      Meletakkan Benda di atas Perangkat

Terkadang tanpa sadar Anda menaruh benda di atasnya, seperti menumpuk buku, menaruh ponsel, powerbank, atau barang-barang lain yang cukup berat. Terlalu sering meletakkan barang di atas laptop dalam jangka waktu yang cukup lama bisa membuat layar LCD serta engsel laptop mudah rusak.

 

Kebiasaan tersebut juga dapat membuat bagian belakang monitor tergores. Kebiasaan buruk lainnya yakni menaruh barang di atas keyboard, dan lebih parah lagi jika menutup laptop saat lupa ada benda di dalamnya.

 

2.      Makan Saat Menggunakan Laptop

Bekerja di depan laptop sambil ngemil memang menjadi moodboster bagi sebagian orang, atau menonton sambil ngemil. Memang tidak ada yang melarang menggunakan laptop sambil makan, tapi usahakan tidak makan atau ngemil tepat di atas laptop. Karena bisa jadi remahan dari makanan tersebut masuk ke dalam sela-sela keyboard.

 

Memakan makanan berkuah atau minum di depan laptop juga harus dikurangi karena bisa jadi ada cairan yang terciprat hingga ke komputer lipat Anda tersebut. Nah solusinya jika sangat sulit menghilangkan kebiasaan tersebut, Anda bisa memasang pelindung keyboard dan layar.

3.      Sering Terekspos di Suhu Panas

Hati-hati buat Anda yang sering menggunakan laptop di luar ruangan dalam waktu yang lama. Karena laptop yang terkena sinar matahari akan membuat laptop cepat panas. Kondisi suhu laptop yang meningkat itu bisa mengakibatkan kerusakan pada hard drive, baterai, CPU, serta video card.

 

Batas suhu aman untuk laptop sekitar 0-400C, namun jika suhu pada laptop Anda mencapai 850C, Anda harus segera mematikannya untuk menurunkan suhu dan mendinginkan laptop.

 

Laptop yang terlalu lama digunakan juga akan overheat. Nah untuk mengurangi panas tersebut Anda bisa menggunakan cooling pad atau kipas angin laptop untuk menekan suhu terus naik.

 

4.      Kotor Atau Jarang Dibersihkan

Mungkin laptop Anda  tidak terlihat kotor, sehingga Anda tidak merasa perlu membersihkan. Tapi lihatlah pada bagian sela-sela keyboard. Laptop yang jarang dibersihkan akan menumpuk debu-debu di sela-sela keyboard dan bagian lubang laptop lainnya.

 

Meski terlihat sepele, debu yang ada di permukaan keyboard bisa masuk dan membuat komponen di dalamnya rusak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membersihkan bagian dalam laptop 3 bulan  sekali. Oh, ya, jangan pula sembarang dalam membersihkannya, apalagi sampai menyemprotkan cairan pembersih pada layar atau keyboard. Hal tersebut justru dapat merusak LCD perangkat Anda.

 

5.      Mengisi Daya Dibawah 30 Persen

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat memperpendek usia laptop yaitu selalu mengisi daya saat sudah ada peringatan pengisian daya. Sebaiknya Anda mengisi daya sebelum daya baterai dibawah 30 persen agar tidak merusak cycle battery sehingga daya simpannya akan cepat berkurang. Tapi jangan pula Anda selalu mengisi daya saat baterai sudah 100 persen.


Oh ya, kebiasaan lain yang harus dikurangi adalah tidak membiarkan laptop dalam mode sleep terlalu lama, jangan memasang software sembarangan dan berselancar di sembarang situs. Yuk rawat perangkat keras Anda dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas!

No comments:

Post a Comment

Back To Top