Sunday, August 9, 2020

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Masker untuk Berkendara

Ada beberapa risiko ketika mengendarai motor seperti rentan kehujanan hingga terpapar polusi dari asap kendaraan lain. Meski demikian, sepeda motor menjadi moda transportasi yang akan selalu diminati masyarakat di Indonesia karena cepat, lebih hemat dibanding mobil, dan praktis. Untuk menghindari polusi, sebaiknya gunakan masker dari toko yang jual masker kain berkualitas.



Masker dapat melindungi saluran pernapasan Anda dari masuknya polutan berbahaya. Polutan yang berasal dari gas buang kendaraan bermotor berisiko terhirup hingga masuk ke paru-paru. Selain itu, masker juga dapat melindungi wajah Anda dari sinar matahari yang menyengat.


Gas buang kendaraan memiliki sifat karsinogenik. Zat-zat kimia dari sisa pembuangan ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Zat-zat bersifat karsinogenik dapat memicu kanker, kerusakan pada organ, dan dapat merusak saluran pernapasan.


Memilih Masker untuk Pengendara Sepeda Motor


Dalam memilih masker untuk berkendara, jangan lupa untuk mementingkan segi kenyamanan. Masker yang tidak nyaman menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi di jalan serta sulit untuk bernapas. Di bawah ini ada tiga tips yang perlu Anda perhatikan:


  1. Perhatikan Ketebalan Masker

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan bahan masker yang tebal maupun tipis. Bahan yang tebal tidak hanya menyaring asap kendaraan bermotor, tetapi juga dapat melindungi Anda dari hawa dingin saat berkendara pada malam hari.


Namun, masker berbahan tebal terkadang tidak cocok digunakan pada saat siang hari yang terik. Bahan yang tebal dapat menghalangi Anda menghirup oksigen. Hal ini tentu berbahaya karena Anda akan sulit bernapas atau mengantuk karena kekurangan oksigen.


Bahan masker yang tipis memiliki kelebihan tidak menyebabkan wajah lembab karena keringat. Namun, bahan masker yang tipis terkadang tidak dapat menahan udara dingin.


  1. Pilih Bahan Berkualitas

Masker untuk berkendara tentu tidak digunakan sekali saja. Pilihlah bahan berkualitas yang dapat diperoleh di toko jual masker kain. Saat ini karena adanya virus Corona, masker harus berasal dari bahan yang baik.


Anda juga dapat memilih bahan kain untuk masker yang tahan terhadap air. Saat ini, banyak pula masker kain yang telah dilengkapi dengan anti bakteri sehingga Anda lebih nyaman dan aman dalam berkendara.


Salah satu cara untuk menguji kualitas masker adalah dengan cara meniup lilin. Apabila api lilin goyah atau padam, maka bahan masker tersebut tentu tidak layak digunakan. Masker dengan bahan berkualitas tidak menggoyahkan atau memadamkan api.


  1. Perhatikan Tali Pengait Masker

Terkadang masker yang tidak pas di wajah Anda dapat terlepas sendiri. Untuk mengatasi hal ini, perhatikan tali pengait atau loop untuk menggantungkan masker. Akan lebih baik apabila Anda menggunakan masker dengan head loop atau tali pengikat di belakang kepala karena Anda dapat mengaturnya sendiri.


Atur kekencangan atau kelonggaran masker Anda. Rapikan masker sehingga menutup bagian mulut Anda sepenuhnya. Selama berkendara, Anda lebih baik tidak sering menurun-naikkan masker.


Masker akan terkena paparan debu, kotoran, dan polusi dari dagu dan leher. Oleh karena itu, Anda harus menahan diri tidak menyentuh masker.


Anda yang menggunakan masker selama perjalanan dapat menyimpan masker yang kotor pada kantong plastik, kemudian Anda dapat menggunakan masker kain yang lain. Setelah pulang kerja dan tiba di rumah, segara taruh masker kotor pada ember untuk dicuci.


Apabila Anda bosan dengan masker yang Anda gunakan, tidak ada salahnya untuk mencoba mencari masker yang dapat Anda temukan di toko-toko daring jual masker kain.

 

No comments:

Post a Comment

Back To Top