Wednesday, June 17, 2020

Ketahui Tiga Hal Penting yang Harus Jadi perhatian dalam Tumbuh Kembang Anak

Perubahan anak khususnya di umur awal harus tetap jadi perhatian oleh orang-tua walaupun di waktu epidemi COVID-19 seperti sekarang ini. Beberapa hal berkaitan perkembangan anak, penting menjadi perhatian penting.

Pakar perkembangan anak, Prof. Soedjatmiko mengutamakan tiga hal penting untuk memberikan dukungan perkembangan beberapa anak umur 1-3 tahun atau toddler serta anak umur prasekolah yaitu 3-5 tahun, sekalinya di waktu epidemi COVID-19 seperti sekarang ini.



"Lihat nutrisi, stimulasi yang dilandasi cinta serta kasih sayang dan bagaimana menahan janganlah sampai anak sakit," terangnya beberapa watu lalu dikutip dari Di antara.

Soedjatmiko menjelaskan, nutrisi adalah bahan baku untuk pembangunan otak. Pada umur balita perubahan otak cepat. Nutrisi akan membuat susunan otak, ibaratnya seperti computer nutrisi itu membuat serangkaian microchip jadi processor di otak.

"Tapi ibaratnya computer , processor yang bagus tanpa ada software yang bagus performanya tidak baik. Oleh karenanya, kecuali nutrisi harus dibarengi stimulasi," papar ia.

Ia meneruskan, sebab anak pada prisipnya belajar dengan mengikuti, lihat, dengar, karena itu orangtua memberi contoh tapi yang dilandasi cinta serta kasih sayang. Orangtua perlu memberi contoh ringkas contohnya langkah bermain, mengakhiri permasalahan yang simpel serta janganlah lupa memuji sekecil apa saja prestasi toddler serta anak prasekolah.

Hal ke-2 yang penting orangtua lihat, menahan anak terserang penyakit, yaitu memberi nutrisi yang cukup, mengajari sikap hidup sehat dan bersih.

"Pada epidemi COVID-19 ini, sikap hidup sehat dan bersih penting. Apa toddler dapat? bisa disebabkan dikasih contoh ia akan mengikuti," kata Soedjatmiko.

Apa anak umur 2 tahun perlu gunakan masker waktu harus keluar dari rumah? Tak perlu, tapi gunakan penutup muka atau face shield yang terbuka. Lalu keutamaan anak di ajarkan jaga jarak dengan seseorang.

Menurut Soedjatmiko, pada saat epidemi COVID-19, imunisasi harus tetap diperlengkapi serta jangan dipending.

"Ada tidak ada COVID-19 beberapa penyakit lain seperti difteri, influenza, pneumonia, diare, campak masih ada. Ditambah lagi saat ini ada epidemi, imunisasi harus tetap diperlengkapi," katanya.

Soedjatmiko ungkap jika pengawasan perkembangan anak adalah hal yang perlu dilaksanakan. Ini untuk memberikan keyakinan apa nutrisi anak terpenuhi, stimulasi serta terlindung dari penyakit.

No comments:

Post a Comment

Back To Top