Wednesday, June 17, 2020

Hindari Penyakit Karena Cholesterol Tinggi, Penting Kerjakan Kontrol Dengan cara Teratur

Rutinitas seorang dalam mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kurang kesibukan fisik dapat mengakibatkan kandungan cholesterol seorang bertambah. Bertambahnya hal itu dapat prospek tingkatkan permasalahan kesehatan.

Dokter ahli penyakit dalam Franciscus Ari menjelaskan, jika perihal ini pula yang memicu keutamaan kontrol periodik elemen lemak darah atau profile lipid. Ari menjelaskan jika elemen lemak darah yang akan dicheck waktu seorang lakukan kontrol kandungan cholesterol dalam darah ialah: kandungan cholesterol keseluruhan, cholesterol low density lipoprotein (LDL), cholesterol high-density lipoprotein (HDL), dan trigliserida.



"Masalah metabolisme lemak darah diikuti dengan kenaikan kandungan cholesterol keseluruhan, LDL, trigliserida, dan pengurangan kandungan HDL," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya ini.

"Kontrol periodik ini jadi penting, sebab ada jalinan di antara masalah metabolisme lemak darah itu dengan kenaikan efek berlangsungnya penyakit jantung serta pembuluh darah, seperti penyakit serangan jantung koroner serta stroke," tambahnya.

Ari menjelaskan, masalah metabolisme lemak darah dapat dikarenakan oleh pola hidup, penyakit lain yang menyebabkan peningkatan kandungan lemak darah seperti hormon tiroid, masalah ginjal, serta diabetes melitus, dan unsur genetik.

"Karena itu, bila Anda mempunyai orang-tua serta keluarga dengan kandungan cholesterol yang tidak normal, seharusnya ajaklah untuk periksakan kandungan cholesterol darah dengan cara periodik," Ari memberi pesan.

Dia memberikan tambahan, Anda dapat mengawali mengecek kandungan lemak darah jika telah mencapai umur 40 tahun. Tetapi, ini dapat juga dilaksanakan di umur yang semakin muda jika seorang mempunyai unsur efek seperti hipertensi, diabetes, obesitas, atau rutinitas merokok.

"Kontrol teratur dibutuhkan untuk mengawasi kandungan lemak darah dengan cara periodik, baik di hasil cholesterol yang tinggi maupun normal sekalinya."

Ia menjelaskan, pada mereka yang mempunyai masalah metabolisme cholesterol memerlukan kontrol yang seringkali, biasanya sekitar dua sampai tiga bulan sekali.

"Beberapa rumah sakit sekarang telah sediakan service drive-thru untuk kontrol laboratorium. Jadi Anda bisa memeriksa kandungan cholesterol supaya situasi Anda masih sehat selama saat epidemi ini," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Back To Top